Oleh: antoniusrc | 5 Juni 2008

Client Server

lient/Server dapat diartikan sebagai kemampuan komputer untuk meminta layanan request data kepada komputer lain. Komputer yang meminta layanan disebut sebagai client, sedangkan yang menyediakan layanan disebut sebagai server. Pengertian lain, client melakukan permintaan suatu informasi atau mengirim perintah ke server. Server akan menerima permintaan dan perintah client. Kemudian server akan memproses memproses berdasarkan permintaan tersebut, dan mengembalikan kepada client sebagai hasil pemrosesan yang sudah dilakukan.

Bagian Client dan Server berupa komputer yang terhubungan dalam jaringan baik lokal maupun Internet. Service Request adalah permintaan dari client baik berupa permintaan data maupun perintah ke server. Service Response berupa balasan dari server atas permintaan dari client berupa hasil proses. Data yang diminta oleh client dapat diambil dari database pada sisi server yang sering disebut database server, seperi misalnya MySQL, PostgreSQL, Oracle, atau SQL Server.

Ketika pertukaran data antara client/server menggunakan TCP/IP, digunakanlah suatu bentuk pengiriman data yaitu <alamatIP:port>. Sebagai contoh ketika mengakses situs http://www2.ukdw.ac.id menggunakan browser, maka browser tersebut dapat diibaratkan sebagai client sedangkan permintaan me-load halaman web adalah bentuk request. Server www2 Duta Wacana akan menerima request dan mengembalikan response berupa data (halaman web) yang diminta ke client.


Responses

  1. Terima kasih untuk ilmunya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: