Oleh: antoniusrc | 6 Februari 2009

Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta

Perayaan Tahun baru Imlek (Xin Cia) merupakan salah satu tradisi etnis Tionghoa yang sudah dilaksanakan selama ribuan tahun. Merupakan perayaan dan ungkapan rasa syukur untuk menyambut datangnya musim semi dan sudah menjadi tradisi yang dirayakan etnis Tionghoa di negeri Tiongkok dan seluruh dunia. Etnis Tionghoa di Indonesia juga merayakan perayaan tahun baru Imlek. Di Tahun ini tahun baru Imlek 2560 jatuh pada tanggal  26 Januari 2009.

Di Yogyakarta sendiri,  seperti tiga tahun sebelumnya masyarakat etnis Tionghoa Yogyakarta bekerjasama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta juga melaksanakan perayaan tahun baru Imlek dengan menyelenggarakan Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta yang dilaksanakan mulai tanggal 5 sampai 9 Februari 2009. Bertempat di Kawasan Ketandan, Malioboro Yogyakarta.

Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta disamping sebagai perayaan datangnya tahun baru Imlek juga bertujuan untuk melestarikan dan memperkenalkan budaya etnis Tionghoa terutama yang ada di Yogyakarta. Selain itu juga mendukung pariwisata daerah.

Perayaan tahun baru Imlek di kawasan Ketandan akan menampilkan Food Bazaar, Pameran Budaya Tionghoa, Atraksi Liong Samsi / Naga Barongsai, pementasan wayang Po Tay Hee, Kirab Budaya, panggung kesenian serta berbagai bentuk lomba dan hiburan lainnya.

Sumber: http://pariwisata.jogja.go.id/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: